Gejala Motor F1ZR Bergetar Hingga Overheat


Salam jumpa buat para pencinta pis-er semua, pada ulasan kali ini sembari mengisi waktu luang maka dari itu saya sempatkan menulis artikel terkait getaran di motor Yamaha F1ZR. Mungkin judul artikel kali ini lebih terfokus pada getaran motor yamaha F1ZR semata, tapi tidak menutup kemungkinan juga berhubungan dengan motor sekelas 2 tak lainnya. 

Mungkin kita sering mendengar atau mengalami sendiri jika motor yang kita sayangi mesinnya bergetar hebat saat berada diputaran atas. Sebenarnya banyak faktor dari getaran ini maklum biasanya motor sekelas Yamaha F1ZR ataupun si kakak yang lebih tua seperti Yamaha Force 1 ataupun Yamaha Alfa sudah uzur alias termakan umur, jadi mungkin adalah suatu hal yang wajar jika sudah saatnya musti ada perbaikan disana sini maklum umur tunggangan kadang sudah hampir menemani separuh umur si empunya hehe.

Sesuai dengan judul yang saya tulis diatas mengapa motor pis-er kita bergetar hingga overheat atau piston macet jadi tanpa berlama-lama kita langsung saja mengulas tiga faktor yang pemicu bergetarnya motor tersebut, dari artikel ini berdasarkan analisa pribadi dan pengalaman saya berkecimpung di dunia pis-er yaitu 

A. Kruk As/Crankshaft 
B. Rumah Kampas Kopling
C. Magnit 

A. Kruk As/Crankshaft. Dari tiga faktor yang ditulis diatas saya memasukkan Kruk As diurutan pertama karena menurut saya pemicu yang terbesar dari bergetarnya mesin adalah pada bagian ini selain karena faktor umur kendaraan, perawatan atau perlakuan si pengendara itu sendiri dan mungkin ada faktor pemicu lain tabrakan dsb. 
Hal yang paling lazim membuat kruk as oblak yaitu 
*. Bearing kruk as yang kocak dan musti diganti baru, ongkos satu pasang bearing kruk as F1ZR biasa tak lebih dari Rp.100 ribu, merk pun terserah mau yang finlandia, france versi standart atau racing monggo saja. kalau saya sih pake yang standart SKF Enduro
*. Stang piston sudah tua atau asu upppsss maksudnya sudah aus hehe. Nah kalau di sektor ini biasa kita musti meronggoh kocek lebih dalam :D
*. Kruk As/Crankshaft itu sendiri, yang putaranya tidak seimbang atau tidak balance, untuk yang satu ini mungkin kita bisa sedikit bernafas lega soalnya biaya stel kruk as di bengkel tidak terlalu mahal di daerahku samarinda biasa bengkel mematok harga Rp.40 ribu rupiah.


Dari penjelasan diatas bukan tidak mungkin putaran kruk as menjadi oblak atau tidak center, bisa saja getaran masih terasa kecil jika pada putaran mesin (rpm) rendah, tapi jika diputaran atas maka getaran akan terasa besar dan jika dipaksa terus-menerus akibatnya bisa fatal, hingga menyebabkan panas berlebih dan piston macet atau overheat.

Sebagian orang berfikir ada yg tidak benar dengan cooler system (kipas mesin) atau mungkin motor kekurangan konsumsi oli samping, tapi saat mereka menambahkan konsumsi oli samping hal serupa selalu terulang alias piston macet . Perlu difahami bahwa mengurangi panas dalam block mesin tidak hanya dipengaruhi oleh campuran oli samping udara dan bensin saja, tapi masih banyak faktor lain yaitu gesekan piston itu sendiri dengan blok silinder. Jika di ibaratkan bagaimana mungkin dihindari panas berlebih di blok apabila jalur atau rel pistonnya saja sudah melenceng dari jalur gesekkannya, hal ini di akibatkan kruk as yang oblak, alhasil motor pis-ae kita asapnya ngebul dan saat digeber lama tetap saja tetap saja pistonya macet. .

B. Rumah Kampas Kopling


Untuk yang satu ini bisa dibilang jarang menjadi faktor getaran tapi sebagian pengguna kadang tidak sadar bahwa rumah kampas kopling kadang tidak center, kadang sebagian kita ada yang memodifikasinya  Kadang juga ada yang membubut agar bisa diaplikasi dengan kampas merk motor lain, contoh kecil adalah kampas Suzuki FR baik untuk keperluan harian atau racing dan hal ini sah-sah saja asal yang mengerjakan teknisi  yang berpengalaman. Hal yang paling lazim membuat getaran yaitu pada saat kita mengganti rumah koplingnya. Mungkin karena kendala ongkos kadang kita hanya dengan mengganti rumahannya saja dan itu saya kira adalah hal bijak karena alasan penghematan dan. Saat proses keling/press baja terkadang bengkel tidak center teliti saat proses pengelingan. Untuk cara mengetahuinya kita bisa mengecheck sendiri dengan menginjak kick starter satu atau dua kali saat rumahan dipasang dimotor bisa dilihat sendiri apakah putaranya balance atau tidak.

C. Magnet
Gejala magnet bergetar memang sangat jarang apalagi untuk magnet standar, hal yang memungkinkan magnet bergetar hanya pada magnet yang sudah dimodifikasi atau bubutan untuk magnet pabrikan racing hampir jarang ditemukan yg tidak center. untuk cara mengetahuinya sama dgn proses diatas. 
Dari semua penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa gejala mesin bergetar tidak bisa dianggap remeh karna selain membuat pengendara tidak nyaman sudah tentu juga dapat mempengaruhi parts yg lain contohnya adalah overheat pada piston. Mungkin masih banyak factor penyebab yang lain karena saya yakin masih punya keterbatasan pengalaman dan sudi kirannya teman-teman yang lain mau berbagi/share pengalaman untuk menambah referensi. Pada postingan yang akan datang saya coba mengulas tentang  teknik menggulung spool untuk pengapian magnet F1ZR jadi kita tunggu saja .
Salam F1ZR mania J


Comments

  1. nice info gan... sangat bermanfaat... :thumbup

    ReplyDelete
  2. sama2 bro.. terima kasih sudah berkunjung. :)

    ReplyDelete
  3. salam f1zr....mau nanya bro,kan piston uda rxs ato mesin dah full korekan lah dr segi blok,kopnya ampe kampas koplingnya,trus sy coba tambah 3 lubang di kepala pistonnya,,knp larinya jd ngadat...klo udah naik gasnya baru woke bareng gigi 3-4,tp 1-2 tarikannya ky banci aja,,,minta saranya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti motor anda kurang torsi diputaran bawah. yg saya tahu head squis musti dihitung ulang dan tdk boleh asal-asalan, termasuk tinggi lubang buang,transfer dan bilasnya, jangan lupa karbulator musti di setup ulang konsumsi bensin dan udaranya.

      Delete
    2. Saya Penggemar Fizr bang, Kok Motor saya bang jika di gas sedikit , ada bunyi klekek gitu di mesin nya , tpi gk amat keras gitu bang , apa nya yg yang rusak ? Saran nya dunk ?

      Delete
    3. maaf baru terbalas.. sepertinya suara ring pistonnya mas..mungkin sudah saatnya oversize.. untuk stang piston bs jadi kemungkinan kedua.. tergantung kerusakannya..

      Delete
    4. Bg kenpa motor saya di masukkin gigi knalpot nya kyk mau hbis bensin gtu bb,itu knpa bg?

      Delete
  4. slam peace R mas bro, sy mau tanya kenapanya f1zr gue dimesin sebelah kiri ada bunyi cit cit ya ms bro,kyk dekat gear depn tp stlh dganti ttp aja bunyi,awalnya sy kira bunyit sok breker trnyt bukan.mhn info ms bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kondisi motor berjalan ??? berdasarkan pengalaman saya itu suara bantalan karet as chasis yg sdh aus. memang selalu mengeluarkan bunyi cit cit mirip suara shockbreaker tua. solusinya bisa diakali dgn mencabut as chasis lalu dibersihkan dan diberi gemuk/minyak pelumas, jika sasis terlalu kocak sebaiknya karet bantalannya diganti saja dgn yg baru, jika keras melepasnya bisa dgn cara dibakar diatas kompor gas atau dgn api las.

      Delete
    2. Maaf nimbrung nich....
      Saya juga punya pengalaman seperti itu pada mesin sebelah kiri dekat magnet bunyi, tapi kadang kala. Setelah saya cari kesana kemari ternyata otomatis starter per dan gotrinya aus... setelah diganti sekarang normal
      Selamat memeriksa !!!

      Delete
    3. .sya jg prnh, kbetulan mas mesin nyala. Trnyta kompresiny bocor, tpatnya baut blok headny kendor😅

      Delete
  5. manatb bro infonya trims bro

    ReplyDelete
  6. mantab infox. Kbtulan mtor ane juga mengalami getaran yg berlebhn, kampas ganda bserta rumahx udah ane ganti. Tp hny awalx z msh oke, tp lama2 getaranx muncul. Mtor ane supra x.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di stang piston,kruk as dan bearingnya..sapa tahu sudah oblak

      Delete
  7. slam knal bro...sy ada f1zr tapi tenga kurang bro..apa yg harus dilakukan?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling simple mungkin kompresi sudah kecil. jika tidak bisa juga disuplai bensin yang kurang. Pengaruh oversize piston yg besar tp suplai bensin dari kabulatornya yg terlalu irit...trims sudah berkunjung

      Delete
  8. ,oke thanks , info y , , slam ajh wt readr F1Z R Tegal jateng dan skitarya ,, ,,

    ReplyDelete
  9. Mas bro,,bisa gk mnta nomor hp nya,,saya pecinta fizr,tapi masih pemula,,jadi butuh bimbingan,,thx,,
    nmr saya 0823 5008 9500

    ReplyDelete
  10. salam force 1 gan,,ane pngen konsul ttg motor ane,,,ane dpt mslah persis tread di atas,,,trus knpa ソソªªªª saat oper gigi dri 1 ke 2 motor ane kyak khabisan nafas gitu kcepatannya menghilang,,,boleh minta nopex gan sms aja ini 085250120211 atau pin bb 755A781A,, sya jga orang kaltim gan dri Sebulu •Kab.Kutai kartanegara

    ReplyDelete
  11. salam force 1 gan,,ane pngen konsul ttg motor ane,,,ane dpt mslah persis tread di atas,,,trus knpa ソソªªªª saat oper gigi dri 1 ke 2 motor ane kyak khabisan nafas gitu kcepatannya menghilang,,,boleh minta nopex gan sms aja ini 085250120211 atau pin bb 755A781A,, sya jga orang kaltim gan dri Sebulu •Kab.Kutai kartanegara

    ReplyDelete
  12. ms, poswan ane udah center kruk as, ganti laker, tapi kug masih bergetar? apa kesalahan perakitan?... mhon tips perakitan nya gimana?

    ReplyDelete
  13. makasih gana atas infonya


    http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/

    ReplyDelete
  14. mkasih gan atas infonya...
    Sngat brmanfaat bgiqu krena masih pemula...
    Mkasih bnyak...

    ReplyDelete
  15. gan ane mau tanya knapa yh mtor ane kurang kenceng padahal udah korekan abis mohon info nya gan?

    ReplyDelete
  16. Salam Kami Dari Ikatan FizR Indonesia .Saya mau nanya seher saya udh eversuze 25 trus pas 200 meter panas dan bunyi saat diturun kan gasnya, bunyi krek-krek. dan trus seher udah naik 25 kenapa masih nahan ya mas...? tolong dong mas informasinya please..

    ReplyDelete
  17. Para Penggemar 2T mohon pencerahannya..motor ane alfa.Bisa nggak ganti baju punya F1ZR.apa banyak yang di rubah.Tks Pencerahannya

    ReplyDelete
  18. salam kenal bro....
    motor fizR ku dr awal ngidupin aja udH getar banget apa lg udh jalan getar ny terasa seluruh bodi motor, dan larinya pun terasa sangat berat, mski udh gigi 4 serasa masih gigi 2,
    mohon bantuannya? Apa penyebabny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor ane jg gt bro,apa udah dapat solusinya ???

      Delete
  19. Salam pecinta f1zr pantura.. Info nya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  20. Salam kenal bro..
    F1zr ane pas gigi 1 mau jalan ky klenjotan gitu gan. Baru ganti.karet kopling. Mohon pencerahan nya gan. 085212222722 thnks

    ReplyDelete
  21. bang f1 ane larinya kaya banci , pengen ada larinya apa aja yang harus diganti

    ReplyDelete
  22. Mas bro mtor ane alfa th 95, tenaga oke buat freestyle-an, lari brani adu ama poswan tp yang jadi pertanyaan knapa ya kalo lagi parkir bensin motor ane bocor ke knalpot smua. Sampe banjir bensin tuh knalpot

    ReplyDelete
  23. kakak montor saya fiz r udah os 75 trus udah di korek silindernya,,,habis tu kok ada suara tek tek tek tek tapi di sisi kipasnya,,,kalau di sisi kanan gk bunyi yang sisi kiri bunyi gitu...apa masalah pada stang nya kak....kaalau ganti stang nya sekarang harganya apa mahalan

    ReplyDelete
  24. Saya Penggemar Fizr bang, Kok Motor saya bang jika di gas sedikit , ada bunyi klekek gitu di mesin nya , tpi gk amat keras gitu bang , apa nya yg yang rusak ? Saran nya dunk ?

    ReplyDelete
  25. bang kenapa motor saya f1zr ngebulnya banyak sekali ? terus mesin nya berisik banget , dan tenaga nya kurang ? apaa oli sampingan tidak ngalir yaa ? atau harus di oplos di campur dengan bensin ? terus karbunya baah terus ? mintaa jawaban nyah bang terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setel karbu dan setelan olsam gan, klo masalah bensin bocor tuh banyak sebabnya, mgkn pelampungnya karbu, atau katup bensinnya (saluran bensin sebelum masuk karbu) perlu dibongkar & dibersihin. Harusnya klo pompa olsam normal ngga perlu oplos bensin olsamnya

      Delete
  26. Fis r ane asepnya bau oli mesin kebakar..kira² apanya ya lurr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin Bantu jawab :
      Seal kruk as kena Biasanya Bang cek seal nya dulu

      Delete
  27. Mau tanya dong para suhu f1zr... saya baru pakai f1zr ni setelah lama pengen akhirnya dapat juga.... motor yang saya pakai ini kalau udah panas langsung ngempos masalahnya apa ya para suhu... mohon info dong....

    ReplyDelete
  28. mau tanya bro kenapa motor sya nggak ada strumnya (strongnya) padahal baru saja saya cuci dan saya sudah cek strom di bobennya nggak ada, di spullnya jga nggak ada...mohon sarannya bro

    ReplyDelete
  29. Bro saya numpang nanya, kalo motor F1ZR saya ga kuat d tanjakan alias jd ngedenn & di trek lurus kadang suka gada tenaga penyebabnya apa ya? Makasih sebelumny

    ReplyDelete
  30. Masf1zr saya kok di gigi 1 agak lama baru naik tarikan.a apa.a ya yg harus di ganti

    ReplyDelete
  31. Saya mau tanya nie knp ya motor ane kalw masuk gir 4 suaranya berdengung di bagian mesin

    Mohon infonya gan invite 55559090 salam fizr mania

    ReplyDelete
  32. mantaaaappppo salam satu asaappp.... wetttt wettttt

    ReplyDelete
  33. Mau tanya gan kenapa ya, motor saya gigi 1 narik, pas gigi 2,3,4. Malah mau mati. Seperti hilang napasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDI + Fulser nya ganti bang . Listriknya ga stabil itu.

      Delete
  34. ms motr sy kn bru turn mesin,blm 1 bln sy bwa langsg mati sendri,n pas d hidupkn suara mesinx brubah,koplak gtu,apa penyebabx mas,sekian n trimksyi

    ReplyDelete
  35. Salam fizr.
    Bro dpt warisan bokap nih yamaha sigma.ane mnta saran dong bgmn spy mtr ane bisa bersaing sama mtr kenceng yg lain.maklum buta 2 tak.
    Thx mas bro,salam fizr

    ReplyDelete
  36. Permisi mass gue mau nanya ni..
    Motor Fizr ane kok nahan kali ya tenaganya kurang gitu, apalagi pas motor baru mau jalan tuh terasa banget nahannya..Kopling harus di tahan2 lah baru mau jalan ??
    Kmarin dah dibawa bengkel trus katanya karbunya yang soak... lalu saya ganti karbu tapi motor tetep nahan aja.. apalagi pass di bawa lambat tu motor suaranya pincang/batuk2/berebet banget... tu kenapa ya mas ??
    Mohon infonya

    ReplyDelete
  37. salam f1zr..
    punya saya fiz r sporty, knapa saat saya pake kopling manual dg modif pake gear depan taeikan awal stela oper gigi ngempos?

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. salam f1zr..
    punya saya fiz r sporty, knapa saat saya pake kopling manual dg modif pake gear depan tarikan awal stela oper gigi ngempos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama masalah bureng bos yang kedua karburaor aja

      Delete
  40. salam 2 tak

    ..mas saya mau tanya2 ronsel kampas kopling saya oblak it apanya ya lakernya apa as nya ya, kalau di ganti hbis berapa, solusinya gimana ya mas makasi salam dari jogja

    ReplyDelete
  41. salam 2 tak

    ..mas saya mau tanya2 ronsel kampas kopling saya oblak it apanya ya lakernya apa as nya ya, kalau di ganti hbis berapa, solusinya gimana ya mas makasi salam dari jogja

    ReplyDelete
  42. Bang saya punya fizr motor saya tu kalau digas trrlalu kencang banyak bangat keluar asap. Trus ada suara kayak besi beradu. Suara Mendengunng bang. Itu knapa bang

    ReplyDelete
  43. Trim infox ms broooo......loa duri

    ReplyDelete
  44. Trim infox ms broooo......loa duri

    ReplyDelete
  45. mas bro ada domisili dimedan gak...
    ane dari medan mana tau ane mau benerin f1zr ane kesna...

    ReplyDelete
  46. mas bro,salam f1zr saya dari medan..
    mau tanyak ini ada domisili dimedan...???
    kalau ada saya mau main kesana benerin f1zr saya..

    ReplyDelete
  47. kira" kalo ngepapas magnet hitungannya brp ? mksh gan

    ReplyDelete
  48. bang boleh nanya,, kbtulan mtr sya fizr udh opersais 125 udhe korek biasa,, mahnet udh bubut,, d saat sya bunyika trus tarik gas dikit ajh udh triak trus tdk mau langsan jga...
    ap kendalax bang... mohon masukanx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya dri setelan karbu nya bro kurang tepat .

      Delete
  49. Bang F1zr saya ga idup , udh cek busi , karbu, koil , pas kick starter ky bensinnya ga turun. Awalnya kena macet parah trus ngeberebeb suara karbu ,saya pikir overheat tungguin 30mnt .eh tetep ngadat bang . Makasih . Salam F1ZR bebek goreng...

    ReplyDelete
  50. Salam fizr 2002...

    Bro kenapa yo motor aku kalo di gas malah jalan,,,








    #becanda bro. Tread yang bermamfaat bro, di tunggu posting2an yag lainnnya

    ReplyDelete
  51. Ediz Krizzalid, coba lu cek karbu sama vakumnya kalo bensin ya kagak turun, gua pernah jg fizr 02 gua bensinnya gk turun,,.

    ReplyDelete
  52. Bro kenapa f1zr saya ketika saya masukin gigi,dan koplong di buka motor malah mati,seperti yang tertahan gitu,saya mainin gas juga tetep aja ga mau muter malah mati terus.apa penyebabanya bro.? Makasih

    ReplyDelete
  53. Bro kenapa f1zr saya ketika saya masukin gigi,dan koplong di buka motor malah mati,seperti yang tertahan gitu,saya mainin gas juga tetep aja ga mau muter malah mati terus.apa penyebabanya bro.? Makasih

    ReplyDelete
  54. Mas fizr saya setelah aq gas tinggi..trus aq lepas..kyak ada suara gerr..gerrr..getar d daerah mesin tu ap penyebabnya?ap normal..mesin da ov50 portingan dkit

    ReplyDelete
  55. Mas fizr saya setelah aq gas tinggi..trus aq lepas..kyak ada suara gerr..gerrr..getar d daerah mesin tu ap penyebabnya?ap normal..mesin da ov50 portingan dkit

    ReplyDelete
  56. Maaf om mau tanya, motor ane ninja150rr built up (blok1878) gejalanya sama om, getatan berlebih ke stang & ke lari jg serasa berat. Itu penyebabnya sama ga om?

    ReplyDelete
  57. Slam gan. Knapa mtor sy jk d bwa ngebut sllu getar, dn ada d bgian mesin terdengar suara ngookk,trs jk sdh d gaspoll lari ny sprti brkurng.
    Mohon info ny gan.

    ReplyDelete
  58. Tiba2 bagian blok fizr saya bunyi ter ter. Baru X ini, nih motor bunyi gitu... Dari awal kagak pernah.
    Oz udah 2.00
    Ada yang tau kagak tu bunyi apa2
    Pleaseee !!!

    ReplyDelete
  59. bang kalau mau ngatasin motor force 1 suaranya ribut dan boros soalnya motor gue ngak ada box nya itu masalah nya motor saya jadi ribut dan getaranya sangat kencang bang

    ReplyDelete
  60. Kalo masalah motor fiz ribut mah pasang aja box nya.

    Kalo motor bergetar mugkin dari kruk as. Magnet ato kopling,,, fizr 02 aku jg pernah bergetar... Ternyata magnetnya gk senter

    ReplyDelete
  61. thanks mas bro infonya sekalian mau nanya fiz r kesayangan saya kok kalo di buka kipasnya bunyi ngiiiiiiiiinggg dimana letak kesalahanya ya mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  62. Misi om om. Mau nanya nih. Ko mesin porce 1 saya ada suara mendesis gitu. Padahal udh saya oversis. Stang piston masih ok. Tp ko ada bunyi sperti itu. Apa nya penyebab nya. Mohon info nya om.

    Makasih

    ReplyDelete
  63. Gan numpang tanya nih .. Mtr poswan saya kok gbsa lari ya .. Buat nguber angkot ge kayanya susah bgt. Mesin dalem krengks full stdr seher os 150 rxs .. Head stdr alfa.. Sblm krengks di tuker lari enak .. Stang seher panjang.. Skrg stang seher pendek .. Piston blkng potong dikit biar masuk.. Karbu lamer pake parkit rxking .. Tpi malah skrg ngeden ngempos di tarik malah mrepet doang gamau naik lagi.. Pas oper gigi 3 malah ngeden parah .. Bensin boros.. Itu knapa ya gan? Apa ada yg salah .. Mohon di jelaskan..

    ReplyDelete
  64. Brow nmpng tny fiz gua mesinny cpt panas n klw buat nanjak suka mati mesinya kyk model tlat oli smpng parahx lgi smpe klwr asap. pdhl tetatur olix tpi klw mtrx udh rehat sbntr msh bisa d idupin lgi tpi ya tenagax udh loyo bngt" sma klw masuk gg 4 tngax mlh hilang ga ccok sma suarax, tlng dong solusix, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin cepat panas :>>> Konsumsi bahan bakar kurang [terlalu irit] oli samping juga terlalu irit, buat tanjakan loyo ada 2 faktor >> kampas kopling dah nipis, piston dah bocor minta ganti

      Delete
  65. mas bro kenapa ya fizr saya gak mau hidup tapi keluar ledakan pada kenalpot apa masalanya ya

    ReplyDelete
  66. Gan boleh tanya? kenapa ya fiz gue top cm 80 an, trus kunci kontak gue ganti, kadang tuh lampu indikator bisa mati sendiri, tp distarter kaki, bisa lagi nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek konektor kabel dari kunci kontak, mungkin kendor sehingga aliran listrik terputus. Masalah Top Up ini bisa dari konsumsi bbm yang kurang, kampas kopling dah mau habis, seher /piston dah bocor

      Delete
  67. Tanya dong bos, main fiz r ane bunyi kipas nya kasar bos, tpi pas tuas kopling di tekan bunyi nya berkurang bos. Masalah nya apa ya bos? Pusing ane. Kayak bunyi ketukan bos

    ReplyDelete
  68. Salam f1zr....mau tanya mas..cara menentukan ukuran squis dengan piston oz 125 itu bagaimana ya.. rpm atasnya ggak meledak mas..bahan bakar boros ggak sesuai dengan larinya mas..

    ReplyDelete
  69. Mohon infox suhu,, pexebab bunyi fiz r gk normal, gasx tinggi truz

    ReplyDelete
  70. Mohon infox suhu,, pexebab bunyi fiz r gk normal, gasx tinggi truz

    ReplyDelete
  71. Mas fizer 2003 full clutch ku sesekali terdengar bunyi seperti besi beradu ktk mesin dimatikan. Mohon bantuan, Kira Kira apa masalahnya. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sich jelas banget dan mudah beaya murah, otomatis starter pada magnet minta ganti pasti beres

      Delete
  72. Numpang tanya gan.. Saya pake mtr force 1. Tarikan mesin bawah nya enak tpi ko pas di gaspol terua menerus ga ada tenaganya ya. Kya pake mtr 4tak. Lelet kaya kura2

    ReplyDelete
  73. Misi gan.mau tanya ni ane pnya f1zr 2004 udh os 200,karbu pe 28, busi ny ko basah trus ya pake busi baru jga ga lama,pdahal membran udh ganti..mohon solusi ny gan

    ReplyDelete
  74. Misi gan.mau tanya ni ane pnya f1zr 2004 udh os 200,karbu pe 28, busi ny ko basah trus ya pake busi baru jga ga lama,pdahal membran udh ganti..mohon solusi ny gan

    ReplyDelete
  75. Bg knpa motor saya di mskkin gigi kyk bensin mau hbis bg

    ReplyDelete
  76. Bang mau tanya kalok ada bunyi klotek dekat gir depan itu apanya yg rusak

    ReplyDelete
  77. Bang mau tanya kok fizr saya saas di engkol bunyi kltok klotok knp ya?

    ReplyDelete
  78. Salam f1zr...
    Mas mau tanya
    Kenapa ya motor f1zr sya berdengung d bgian blok sbelah kiri....

    ReplyDelete
  79. .mw tanya suhu.. f1zr sya klo d rpm tinggi itu bergetar hebat msinny.. sya pksain gasss trus akhirny over head bin ceket. Posisi hbis upgrade mke piston rxs.0, paking dlm 5 lmbar. Mohon pncerahanny, apa yg hrus d benerin huuu.. mksih.

    Slam f1zr lover's

    ReplyDelete
  80. Misi om mau tanya. Kenapa ya fizr saya kalo di turunan di kenalpon ujung bunyi teng teng teng. Gas gas2annya kok gak habis

    ReplyDelete
  81. Maksi gan info.y sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  82. Kalo mesin fiz r mendengung kira2 apa y penyebabnya

    ReplyDelete
  83. Bang motor ane kalo pas stationer bunyi klik klik di bagian blok silinder trus kalo digas dibawa ngebut suaranya ilang tenaga juga masih oke apa nya ya bang???

    ReplyDelete
  84. bang..minta skema kelistrikan f1z??skema kiprok dan cdi nya

    ReplyDelete
  85. Bang f1z saya kadang tiba tiba mendengung itu kira" kenapa ya????

    ReplyDelete
  86. Sama seperti f1zr ku. Dengung, di biarin hilang sendiri

    ReplyDelete
  87. Bang itu fizr saya knapa ya kok bunyi kring-kring gitu diblok sebelah kiri,lalu kaya kurang api gitu .trs tarikannya gak kencang .kadang bisa mati sndri kalau ngegas full. . . . ?????

    ReplyDelete
  88. Mas mau tanya ni ko motor fiz r ku kalo di pake jalan ko bunnyi ketek langsung mati tiba tiba mesin nya tapi kalo di hidupin hudup diamaf mohon info nya

    ReplyDelete
  89. Mas punya aaya. Ko getarnya d sasis blkng mas apa pngruhnya baut sasis tngh sudh kencang mounting d ganti baru.

    ReplyDelete
  90. bang mau tanya, kenapa fiz r sya getarnya di stan kaki depan bagian kanan yaa? kalau lagi jalan pelan getarannya terasa sekali. tapi kalau lagi laju getarannya hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara kasar di bak kiri fisr ..pnxebab x apa

      Delete
  91. bang mau tanya,
    bensin full tangki
    pengapian normal
    kompresi normal
    tapi.... ngak mau hidup.... ? apa gejalanya bang... saya masih pemula ... saya butuh bimbingan 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenali Warna Kabel Kiprok Motor

Tips Kelistrikan Motor Bebek